JAKARTA - Bagi sebagian mahasiswa, kuliah di perguruan tinggi negeri (PTN) bukan segalanya. Sebab, mereka juga bisa merasakan keasyikan menempuh studi di kampus swasta.

Bagi mahasiswi Universitas Pancasila, Evi Lutfiah, salah satu poin asyik kuliah di kampus swasta adalah peraturan yang lebih longgar. Hal ini, kata Evi, sangat membantunya yang harus berkuliah sambil bekerja.

"Dulu pas kuliah di kampus negeri, peraturannya lebih ketat, dari kesiswaan dan jam keterlambatan. Sekarang bagi saya, walaupun telat, tetap bisa mengikuti perkuliahan di menit-menit terakhir," ujar Evi, belum lama ini.

Evi mengaku sering harus datang terlambat karena dia sibuk bekerja. Kondisi lalu lintas yang tidak menentu membuatnya kerap kali datang satu jam setelah perkuliahan dimulai.

"Tetapi sekarang hal itu tidak menjadi masalah karena saya masih tetap bisa mengikuti ujian akhir," imbuhnya.

Mahasiswi semester empat Universitas Pancasila, Dimitri, menilai, sebenarnya bersekolah di kampus swasta ataupun negeri sama saja. Namun, satu hal yang dia lihat, sekolah swasta cenderung lebih bebas dalam peraturan berpakaian.

"Contohnya saat ujian. Mahasiswa kampus negeri terkadang disuruh berpakaian seragam, sedangkan di kampus swasta lebih bebas," ujar Dimitri. (okezone.com)